ini
 cerita perjalanan seorang Marine Surveyor Indonesia yg tinggal di 
Batam, beberapa saat yg lalu dia mengerjakan Suitability Survey di 
Singapore, tulisan ini hanya selingan dari blog ini untuk mempromosikan blog Marine Surveyor Indonesia.
Pagi
 itu harus bergegas cepat, kapal ferry penyeberangan ke Singapore dari 
pelabuhan Sekupang yg jadwal pertama berangkat ke singapore jam 0600 wib
 sudah di booking, setelah sholat subuh saya Marine Surveyor Indonesia yg tinggal di Batam,
 langsung menggeber tunggangan kesayangan saya si chevrolet spin menuju 
terminal ferry internasional di Sekupang, speedometer menunjukan 
kecepatan rata-rata hampir 100 km/jam, lumayan untuk kelas pembalap 
kampungan seperti saya, tidak sampai 15 menit kemudian akhirnya sampai 
juga di gerbang terminal ferry internasional sekupang, alhamdulillah 
setelah nego sebentar dapat juga tiket boarding pass Batam Fast Ferry ke
 singapore karena konter sudah di tutup 5 menit sebelumnya, begitu kata 
si mbak penjaga konter Batam Fast
| My Chevrolet Spin | 
Hari itu saya ke 
Singapore tepatnya ke Pacific Richfield Marine Pte Ltd di daerah Tuas, 
untuk memeriksa kondisi kelayakan kapal yg akan di sewa pakai oleh 
perusahaan minyak Petronas Carigali Indonesia di Lamongan, rencananya 
kapal jenis supply vessel ini akan membawa peralatan rig dari lapangan 
petronas di Langsa, Aceh untuk di bawa ke Petronas Lamongan Base, di 
Jawa Timur.
Nama
 kapalnya Big Orange XIX, kapal buatan 1981 ini masih kelihatan bagus 
walapun sudah cukup berumur sekali, Suitability Survey Kapal Big Orange 
XIX ini untuk memastikan kapal ini masih layak di pakai dan mempunyai 
kapasitas sesuai dengan yang di inginkan pihak klien pemakai atau 
penyewa dalam hal ini Petronas Carigali Indonesia, kapal ini milik 
Pacific Richfield Marine Pte Ltd (PRM), sebuah perusahaan Singapore yg 
di miliki oleh orang Indonesia, PRM Singapore ini masih satu group 
company dengan perusahaan pelayaran Sudjaka Palembang di Indonesia, 
semua kru kapal adalah rekan Pelaut Indonesia.
| Suitability Survey Kapal Big Orange XIX | 
 SHIP’S PARTICULARS
Name of Vessel : MV. BIG ORANGE XIX
Call Sign : POTO
Flag : Indonesia
Port of Registry : Jakarta
IMO Number : 8117744
Type of Vessel : Supply Vessel
Built : 1981/Santan Engineering Shipyard, Singapore
Class : BKI
Gross/Net Tonnage : 1,124 / 337
L.O.A/L.B.P : 60.50 M/58.00 M
Breath Moulded : 16.20 M
Depth : 4.50 M
Main Engine : 2 x 950 BHP, Detroit Diesel type GM12V149N
Generator : 3 x 90 KW Detroit Diesel type 471
Bow Thruster : 1 x 4.5T Detroit type 12V-71T
Owners : PT. Jason Marintama Servindo
Name of Vessel : MV. BIG ORANGE XIX
Call Sign : POTO
Flag : Indonesia
Port of Registry : Jakarta
IMO Number : 8117744
Type of Vessel : Supply Vessel
Built : 1981/Santan Engineering Shipyard, Singapore
Class : BKI
Gross/Net Tonnage : 1,124 / 337
L.O.A/L.B.P : 60.50 M/58.00 M
Breath Moulded : 16.20 M
Depth : 4.50 M
Main Engine : 2 x 950 BHP, Detroit Diesel type GM12V149N
Generator : 3 x 90 KW Detroit Diesel type 471
Bow Thruster : 1 x 4.5T Detroit type 12V-71T
Owners : PT. Jason Marintama Servindo
Pekerjaan
 Suitability Survey Kapal Big Orange XIX selesai juga saya kerjakan hari
 itu, sebelum kembali ke Batam saya sempatkan Sholat Jumat di Mesjid 
Sultan Singapore, kebetulan hari itu jumat 17 Januari 2014, 
| Mesjid Sultan Singapore | 
demikian perjalanan saya seorang Marine Surveyor Indonesia yg tinggal di Batam ketika mendapatkan tugas pemeriksaan kapal Suitability Survey Kapal Big Orange XIX.
 
 

 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment